ABSTRAK
Nurnamawi, Eko Khoerul. 2011. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar
Siswa Pada Materi Energi Di Kelas VIII-4
SMP Negeri 1 Tilamuta Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif
Jigsaw Tahun Pelajaran 2011/2012.PTK.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tilamuta Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo
Provinsi Gorontalo. Tindakan yang diberikan adalah dengan menerapkan model
pembelajaran kooperatif Jigsaw. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1)
meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi Energi di kelas VIII-4 SMP
Negeri 1 Tilamuta, (2) Meningkatkan hasil belajar siswa pada materi energi di
kelas VIII-4 SMP Negeri 1 Tilamuta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penerapan model pembelajaran kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas
belajar siswa dari siklus I yang mencapai persentase sebesar 70,3% menjadi 80,7% pada siklus II. Terjadi peningkatan
sebesar 10,5%. Akibat terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa, hasil
belajar siswa pada materi energi juga mengalami peningkatan. Pada siklus I,
persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada materi energi sebesar 65,2%
dengan rata-rata nilai sebesar 70,4, meningkat menjadi 82,6% pada silus II
dengan rata-rata nilai sebesar 77,0. Berdasarkan data tersebut, dapat ditarik
kesimpulan bahwa adalah penerapan model
pembelajaran kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa pada materi energi di kelas VIII-4 SMP Negeri 1 Tilamuta.
Kata kunci: Aktivitas belajar siswa, hasil
belajar, model pembelajaran kooperatif Jigsaw, energi dan perubahannya.
Agar Lebih Mantap, Baca Juga Artikel Berikut Ini Ya...!!!
Kalo bisa juran penelitiannya yang diposting, jangan abstraknya saja supaya lebih jelas hasil penelitian dan menjadi referensi bagi pembaca/pengunjung blog
BalasHapuskoreksi : maksudnya jurnal penelitian, bukan juran penelitian
BalasHapusInsya Allah ke depan sy posting jurnalx
Hapus