Minggu, 10 Maret 2013

Definisi Metode Pembelajaran


Metode Pembelajaran

Menurut  WJS. Poerwadarminta dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, (1999:767) Metode adalah cara yang telah teratur dan terpikir baik-baik untuk mencapai suatu maksud. Dalam hal pembelajaran, Sudjana (2005: 76) menjelaskan bahwa metode pembelajaran adalah cara yang dipergunakan guru dalam mengadakan hubungan dengan siswa pada saat berlangsungnya pengajaran.

Dalam proses belajar mengajar, salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran yang dilakukan oleh guru antara lain adalah metode pembelajaran. Metode yang ditetapkan oleh guru banyak memungkinkan siswa bukan hanya belajar produk (learning by product), tetapi juga yang sangat penting adalah belajar proses (learning by process).
Pada umumnya, belajar yang sering terjadi dan dilakukan oleh guru dalam pembelajaran adalah belajar produk. Siswa dituntut untuk menguasai dan atau menghafal ilmu pengetahuan yang menjadi tuntutan dari kurikulum. Dalam hal ini siswa dianggap sebagai obyek bukan sebagai subyek dalam pembelajaran. Ibarat gelas, siswa adalah gelas kosong, dan guru yang harus mengisi gelas tersebut dengan air. Selain siswa tidak aktif, pembelajaran seperti ini hanya menekankan aspek kognitif saja. Padahal, pendidikan yang diharapkan saat ini adalah pembelajaran yang menekankan aspek kognitif, afektif dan juga psikomotor anak.
Sumiati (2007: 91) menjelaskan bahwa dalam upaya untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut, guru harus membuat rencana pembelajaran yang memungkinkan siswa belajar proses. Hal ini dikarenakan belajar proses dapat memungkinkan tercapainya tujuan belajar baik dari segi kognitif, afektif (sikap) dan psikomotor (keterampilan). Oleh karena itu, pembelajaran harus diarahkan agar siswa dapat belajar melalui proses. Hal ini seperti yang dikemukakan oleh Gagne dan Briggs (dalam Sumiati, 2007: 91) yang mengatakan bahwa begitu pentingnya proses belajar siswa secara aktif dalam pembelajaran. Jadi, yang penting dalam mengajar bukan upaya guru dalam menyampaikan materi pembelajaran, tetapi bagaimana siswa dapat mempelajari materi pembelajaran sesuai dengan tujuan.  
Proses pembelajaran yang baik perlu adanya persiapan yang matang dari guru termasuk merancang berbagai metode yang harus di terapkan yang memungkinkan terjadinya proses pembelajaran pada diri siswa. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh guru dalam menentukan dan menggunakan metode pembelajaran tertentu, yaitu:
1.      Kesesuaian metode pembelajaran dengan tujuan pembelajaran
2.      Kesesuaian metode pembelajaran dengan materi pembelajaran
3.      Kesesuaian metode pembelajaran dengan kemampuan guru
4.      Kesesuaian metode pembelajaran dengan kondisi siswa
5.      Kesesuaian metode pembelajaran dengan sumber dan fasilitas yang tersedia
6.      Kesesuaian metode pembelajaran dengan situasi dan kondisi belajar mengajar
7.      Kesesuaian metode pembelajaran dengan waktu yang tersedia
8.      Kesesuaian metode pembelajaran dengan tempat belajar

Di samping kesesuaian metode pembelajaran dengan beberapa faktor di atas, dalam praktek pembelajaran guru harus memahami fungsi dan kegunaan serta batas-batas penggunaan suatu metode pembelajaran. Banyak metode pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dalam pembelajaran, diantaranya adalah:
1. Metode ceramah
2. Metode diskusi
3. Metode simulasi
4. Metode demonstrasi dan eksperimen
5. Metode inquiri
6. Metode resitasi
7. Metode tanya jawab
8. Metode permainan

Dirangkum dan diposkan oleh: Eko Khoerul Nurnawawi
Agar Lebih Mantap, Baca Juga Artikel Berikut Ini Ya...!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan Lupa Tinggalkan Pesan Ya....

Contoh :